www.www.bandungtourism.com

www.www.bandungtourism.com

Salah satu buah tangan yang tak boleh terlupa dari kota Bandung adalah tahu. Kota kembang memiliki sentra pengrajin tahu yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Berkunjung dan mengantongi penganan rakyat itu dari kota Bandung sudah seperti kewajiban bagi para wisatawan.

www.bandung.bisnis.com

www.bandung.bisnis.com

Blok Tahu, begitulah daerah Cibuntu Bandung disebut. Hal tersebut dikarenakan di sana terdapat banyak pengrajin tahu yang sudah turun temurun menjalankan bisnis tersebut. Meski harga kacang kedelai kerap naik, namun perkembangan bisnis kuliner berbentuk kotak itu bertambah pesat. Persaingan pun semakin ketat dengan munculnya para pembuat tahu di berbagai tempat sekitar Bandung. Namun tahu produksi Cibuntu tetap menjadi primadona di pasar tradisional, di kalangan ibu rumah tangga, bagi para penjual olahan tahu, bahkan pabrik-pabrik mereka menjadi salah satu destinasi wisata. Sekitar 80% masyarakat Cibuntu merupakan pengrajin tahu, dari mulai skala besar hingga rumah tangga. Di sana bisnis ini sudah berjalan lebih dari 30 tahun lamanya. Para sesepuhnya pun sudah tiada dan kini mayoritas diteruskan oleh generasi mereka.

www.id-id.facebook.com

www.id-id.facebook.com

Saat liburan ke Bandung, sempatkanlah untuk mampir ke Cibuntu yang masuk ke dalam daerah administratif Kelurahan Babakan Ciparay dan Kecamatan Bandung Kulon. Kita dapat melihat proses pembuatan kuliner rakyat yang masih tergolong tradisional. Untuk menghasilkan tahu berkualitas, para pengrajin di Cibuntu melakukan pengawasan cukup ketat untuk setiap tahap pembuatannya. Air yang digunakan untuk memasak berasal dari sumur artesis dengan kualitas air yang prima. Sumur artesis sendiri adalah sumur bertekanan tinggi alami, sehingga air dapat muncul sendiri ke permukaan tanpa perlu dipompa. Kemudian tahu hanya diberi bahan pengawet alami berupa kunir atau kunyit yang juga berfungsi sebagai pewarna kuning alami pada tahu. Rasa gurih alami, daging yang lembut, serta tak berbau merupakan alasan mengapa tahu Cibuntu begitu disenangi warga Bandung.

Setelah menyaksikan seluruh proses pembuatan, jangan lupa untuk membeli tahu Cibuntu langsung di pabriknya. Harganya cukup murah, hanya Rp. 600 per potongnya dan mereka biasa menjual satu plastik berisi 10 potong tahu kuning. Dengan membeli langsung di sentranya, Anda bisa mendapatkan tahu cibuntu yang fresh, baru diangkat, dan masih terasa hangat. Dalam kondisi tersebut juga sangat lezat untuk disantap langsung tanpa perlu digoreng.

Blok Tahu Cibuntu berada di dekat gerbang Tol Pasir Koja, antara Jalan Soekarno-Hatta dan Sudirman. Untuk menjangkaunya Anda dapat naik angkot rute Andir – Cibogo (warna biru telur asin, strip hijau), Cimahi – Leuwipanjang (hijau), atau Dago – Caringin (oranye, putih, hijau).

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Lingga Hotel, Beverly. atau Vue Palace Hotel. Jangan juga lupa untuk membeli oleh-oleh Pisang Molen M. AA, makan di Mie Roemah, dan mencicipi seblak Bandung.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • pabrik tahu
  • tahu cibuntu
  • proses pembuatan tahu
  • tahu cibuntu bandung
  • cara membuat tahu cibuntu
  • gambar pabrik tahu
  • tahu kuning bandung
  • proses pembuatan tahu bandung
  • produksi tahu
  • cibuntu bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,