www.senjanajingga.blogspot.com

www.senjanajingga.blogspot.com

Kopi tak sekedar minuman paling hits, tapi juga tradisi tertua yang dianut semua bangsa. Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dunia. Bandung memiliki beberapa produk kopi yang sangat cocok dijadikan buah tangan.

www.senjanajingga.blogspot.com

www.senjanajingga.blogspot.com

Wilayah Jawa Barat sebetulnya merupakan salah satu penghasil kopi terbaik. Bahkan daerah Malabar di Pangalengan yang juga terkenal akan perkebunan tehnya merupakan lokasi pertama pengembangan kopi di Indonesia oleh Hindia Belanda. Tahun 1696 pertama kali biji kopi arabika ditanam di tanah Priangan, kemudian terkenal di dunia sebagai kopi Java Preanger. Setelah pengembangan dengan sistem tanam paksa tersebut sukses, kemudian menyebar ke daerah lain di Pulau Jawa, baru setelah itu Sumatera, Bali, Sulawesi, dan Kepulauan Timor. Namun setelah wabah penyakit karat daun di tahun 1878, Java Preanger pun tenggelam. Belakangan kopi sunda ini mulai kembali bergeliat namun masih minim promosi. Ditilik dari latar belakang tersebut, Bandung memang sudah tak asing dengan serbuk adiktif itu. Meski kepopuleran Java Preanger belum sepenuhnya pulih, Bandung tetap digdaya dengan tiga toko kopi legendarisnya.

Paling populer tentu saja Kopi Aroma. Toko sekaligus pabrik kopi di daerah Banceuy itu tak hanya dikunjungi warga lokal, namun wisatwan pun kerap ikut sibuk mengantri untuk mendapatkan sebungkus kopi legend Bandung ini. Dengan pengolahan yang masih sangat tradisional dan biji kopi pilihan dari berbagai daerah Indonesia, seperti Toraja, Sumatara, Gayo, juga Flores, Fabriek Koffie Aroma membuai para penggemar kopi dengan wangi dan rasa kopi yang tak asam, pun tidak membuat perut kembung. Pabrik yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an ini menjual jenis kopi arabika dan robusta, baik dalam bentuk serbuk maupun biji. Harganya berada di kisaran Rp. 17.000 untuk ukuran seperempat kilogram.

www.senjanajingga.blogspot.com

www.senjanajingga.blogspot.com

Tidak jauh dari Banceuy terdapat Jalan Gardujati, disana terletak sebuah toko tua bernama Kopi Malabar. Pengelolanya yang sekarang merupakan generasi ketiga dan selalu menjual kopi yang fresh. Tempatnya sendiri hanya berupa rumah tua tanpa halaman, di pinggir trotoar dengan kaca besar, tanpa plang nama yang mencolok. Letaknya berada di seberang SMAN 4 Bandung. Kita harus mengetuk pintu terlebi dulu untuk masuk ke dalam ruangan layaknya bertamu. Sang pemilik toko baru akan menggiling biji kopi ketika ada yang memesan, sehingga pembeli pun dapat mengatur tingkat kehalusan kopi yang diinginkan. Diberi nama kopi Malabar karena biji kopi yang didapat memang berasal dari para petani di kaki Gunung Malabar, Pangalengan. Rasanya cenderung lebih pahit dan asam dibandingkan dengan kopi Aroma. Harganya berkisar Rp. 27.500 per 250 gram.

Keluar dari Jalan Gardujati, kita sampai di Jalan Kebonjati. Di sana terdapat bangunan megah klasik bernama Hotel Surabaya yang sudah dibangun sejak tahun 1884. Di sebelahnya terdapat sebuah bangunan tua lain, terdiri dari dua lantai, dan didominasi warna putih dan hijau. Tempat tersebut merupakan toko kopi Javaco. Kopi ini sangat digemari Walikota Bandung periode 1993 – 1998, yaitu Alm. H. Wahyu Hamidjaja. Kopi yang menjadi primadona tentu saja arabika, namun selain itu ada pula racikan sendiri yang diberi nama tip top Javaco. Mereka hanya menjual kopi dengan gilingan kasar dan harganya berkisar Rp. 23.000 untuk sepermpat kilogram. Rasanya sendiri masih terasa asam namun ringan dan aromanya memang sangat memanjakan indra penciuman.

Pilihan kopi-kopi produksi Bandung ini tentu saja bisa dijadikan oleh-oleh yang tak boleh ketinggalan seusai liburan di kota kembang. Selama di ibu kota Jawa Barat ini, Anda dapat menginap di Geulis Boutique Hotel, Galeri Ciumbuleuit Hotel & Apartment, atau SanGria Resort & Spa. Kuliner menarik lainnya adalah brownies kukus Amanda, Noah’s Barn, dan nasi timbel Bawean.

Kopi Aroma, Kopi Malabar, Kopi Javaco

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • jual kopi hijau di bandung
  • kopi hijau di bandung
  • kopi hijau bandung
  • harga kopi malabar
  • dimana beli kopi hijau di bandung
  • kopi malabar gardujati
  • kopi malabar bandung
  • penjual kopi hijau di bandung
  • tempat jual kopi hijau di bandung
  • toko kopi hijau di bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,