Konro Bakar Marannu

Konro Bakar Marannu (sumber: www.dewantariaulia.blogspot.com)

Kuliner Makassar tak ubahnya Bavaria di Jerman, dimana menu daging mendominasi banyak masakan. Sajiannya yang menggugah selera serta aroma dan cita rasa yang sangat kental dengan rempah-rempah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang di luar Makassar. Seperti di Bandung, Rumah Makan Marannu yang menjagokan konro sebagai menu andalannya, tak pernah sepi pengunjung.

Coto Makassar

Coto Makassar Marannu (sumber: www.i-rara.com)

Sebelum menjadi pengusaha kuliner sukses, Daeng Iwan, pemilik gerai Konro Marannu, adalah karyawan sebuah bank swasta yang sebelumnya pernah berkuliah di Bandung. Sekitar tahun 1980-an, rasa jenuh menjadi pegawai menghampiri dan memilih pulang ke kampung halaman di Makassar. Di sana membuka warung makanan. Daeng Iwan pun akhirnya membawa makanan khas tanah Angin Mamiri, konro bakar ke Kelapa Gading, Jakarta. Konro adalah sop iga sapi yang disajikan dengan kuah kental berwarna cokelat kehitaman, dari sop konro itu kemudian lahir konro bakar. Bahkan Daeng Iwan berani mengklaim bahwa dirinyalah pelopor dari sajian iga bakar. Tahun 2005 ia pindah dan membuka cabang Konro Marannu di Bandung. Resep masakan khas Makassar yang dijualnya ia dapatkan dari orang tua, tetapi sedikit dimodifikasi untuk disesuaikan dengan lidah orang Sunda. Daeng Iwan pun menuai sukses di ibukota Priangan dengan sajian makassarnya yang memanjakan lidah.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo
(sumber: www.dewantariaulia.blogspot.com)

Sop Konro banyak disukai karena kuahnya yang khas. Warna cokelat kehitaman pada air kaldu itu didapat dari kluwak, rasa dan aromanya semriwing karena mengandung banyak rempah seperti cengkeh, pala, merica, dan lain sebagainya. Tapi saat mampir ke kedai Marannu ini, pantang untuk tidak mencicipi konro bakarnya. Daging iganya yang sudah empuk, dilumuri bumbu, dibakar, kemudian disiram saus kacang. Makanan lezat ini tetap disajikan dengan kuah sop yang terpisah. Paling pas menyantapnya tidak dengan nasi, melainkan dengan buras atau ketupat. Buras sendiri serupa dengan lontong, namun bentuknya pipih seperti makanan leupeut di Sunda. Pengganti nasi ini juga terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang. Selain menu unggulan konro bakar, Rumah Makan Marannu juga menyediakan Coto Makassar, Nasi Goreng Merah, Mie Titi, serta tak ketinggalan Es Pisang Ijo dan Es Palu butung.

Satu porsi Konro Bakar Marannu dibanderol cukup mahal, yaitu Rp. 49.000, tapi sebanding dengan rasa yang didapat. Sedangkan menu lainnya berkisar pada harga Rp. 10.000 – Rp. 50.000. Setiap harinya Konro Marannu beroperasi mulai pukul 10.00 – 22.00. Letaknya di Jalan Riau No. 189 mudah diakses dengan menggunakan angkot jurusan Riung Bandung – Dago atau Margahayu – Ledeng.

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Beverly, Amaris Hotel Cihampelas, atau Holiday Inn Bandung. Destinasi kuliner lezat lainnya adalah Dapur Dahapati, Sate Padang Pak Datuk, dan Warung Nasi Bu Eha.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 5 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • sop konro bandung
  • sop konro marannu bandung
  • harga sop konro marannu bandung
  • coto makassar di bandung
  • konro marannu bandung
  • #########
  • ########################
  • rumah makan marannu bandung
  • sop konro di bandung
  • Sop Konro Marannu Kota Bandung Jawa Barat

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,