Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar ilikesunflower.wordpress.com

Ada begitu banyak kuliner Indonesia yang umum disantap menggunakan kerupuk, mulai dari nasi dengan lauk non kuah hingga puluhan sayur berkuah. Bahkan bagi banyak peminatnya, kerupuk seolah mampu mendongkrak selera makan layaknya pecinta kuliner pedas yang merindukan sambal di setiap jam makan tiba. Dari sekian banyak jenis kerupuk di Indonesia, ada kerupuk yang identik dengan orang Jawa, namanya kerupuk gendar. Orang-orang kerap menyebut dengan menyingkatnya menjadi gendar saja. Di kawasan Jogja, kerupuk jenis ini dikenal pula dengan nama lempeng.

Tidak seperti kebanyakan kerupuk lainnya yang dibuat dari campuran tepung dan bahan lain seperti udang atau ikan tengiri, kerupuk gendar dibuat dari nasi. Gendar adalah salah satu alternatif pengolahan kerupuk yang dapat dibuat dari nasi wayu. Wayu merupakan istilah yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti kemarin atau nasi yang sudah dimasak satu hari yang lalu. Namun jangan bayangkan jenis kerupuk lawas ini dibuat dari nasi basi lho ya! Nasi wayu yang biasa digunakan tetap dalam keadaan enak dimakan dan tidak basi sama sekali.

Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar www.lazponorogo.org

Cara pembuatan lempeng dikenal cukup mudah. Nasi tinggal dicampur dengan bumbu berupa bawang putih dan garam yang telah dihaluskan. Selanjutnya uleni ketiga bahan ini hingga bumbu halus tercampur rata. Untuk menambah kekenyalan ada yang menambahkannya dengan bleng. Setelah semua bahan tercampur rata, kukus hingga nasi tanak atau menul-menul. Setelah didiamkan sejenak, tumbuk hingga nasi menjadi halus. Nasi dalam keadaan panas akan lebih mudah dihaluskan. Selanjutnya tinggal bentuk sesuai selera Anda. Setelah didiamkan semalam, iris tipis adonan gendar, lalu jemur hingga kering. Kalau ingin disantap, tinggal digoreng saja di atas api sedang.

Namun jika Anda menginginkan bereksperimen membuat gendar dengan bahan utama masih berupa beras, maka cara yang dilakukan juga tidak terlalu susah. Tinggal campurkan air dengan bumbu halus dan bleng, lalu rendam beras selama sekitar 2 jam. Setelah itu kukus beras selama sekitar 30 menit hingga beras mekar. Proses selanjutnya sama dengan proses pembuatan yang tadi telah dijabarkan.

Kerupuk Gendar

Kerupuk Gendar www.infomakan.com

Kerupuk jenis ini banyak dijual di berbagai pasar tradisional di Jogja, salah satunya adalah Pasar Niten. Umumnya terdapat 2 macam warna lempeng, ada yang cokelat muda, ada pula yang berwarna merah. Selain itu lempeng juga merupakan salah satu jenis kerupuk yang masih banyak dijual di berbagai warung sayur atau tempat makan di desa. Kerupuk gendar yang dikemas dalam plastik umumnya dijual sangat terjangkau. Dengan Rp 1.500 hingga 2.500 saja Anda dapat menikmati kerupuk lawas ini. Ada pula yang menjualnya secara kiloan. Di Bantul, satu kilo kerupuk matang dibanderol dengan harga sekitar 25 hingga 30 ribu rupiah. Salah satu warung makan ternama di Jogja yang menggunakan kerupuk gendar sebagai pelengkap makannya adalah Warung Bu Ageng milik keluarga seniman Butet Kertaradjasa. Selamat makan!

Kunjungi juga: Warung Bu Ageng, Sentra Batik Wijirejo, Monumen Batik Jogja

Hotel murah di Jogja: Dusun Jogja Village Inn, Pramesthi Jogja, Hotel Mawar Asri

Peta lokasi: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24  Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kerupuk gendar
  • kerupuk nasi lebih dikenal kerupuk gendar terutama di daerah
  • kerupuk nasi
  • gendar
  • krupuk gendar
  • harga kerupuk gendar
  • krupuk lempeng
  • cara membuat kerupuk gendar
  • gambar kerupuk gendar
  • kerupuk gendar dikenal di daerah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,