www.resep.in

www.resep.in

Jika ditilak-tilik, banyak sekali jajanan sunda yang menggugah selera terbuat dari aci alias tepung kanji. Sebut saja camilan populer seperti cireng, cilok, dan kini adalah cimol. Kudapan yang terakhir disebut itu sudah bertahun-tahun menjadi jajanan nge-hits yang pantang dilewatkan saat jalan-jalan di kota kembang.

www.lintas.me

www.lintas.me

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, cilok itu aci dicolok, sedangkan kepanjangan cimol adalah aci digemol. Artinya olahan tepung kanji itu dibentuk bulat (digemol). Sebetulnya istilah cimol sudah dikenal masyarakat Bandung sejak lama, sebelum lahirnya jajanan yang digemal-gemol tersebut. Namun kala itu merupakan singkatan dari Cibadak Mall, yaitu sentra belanja baju bekas di Jalan Cibadak. Makanan cimol sendiri berasal dari Tasikmalaya dan booming pada tahun 2000-an. Kemudian jajanan keluarga ini dikenalkan ke kota Bandung sekitar tahun 2001. Di Bandunglah cimol mengalami evolusi dalam artian inovasi rasa sehingga kian digemari.

Cimol itu tak ubahnya perpaduan cilok yang berbentuk bulat, kemudian digoreng seperti cireng. Paling lezat jika dimakan selagi hangat, rasanya gurih dengan tekstur kenyal. Tetapi jika sudah dingin, penganan ini akan menjadi keras dan alot. Meski sudah memiliki rasa gurih sendiri, cimol akan semakin lezat jika diberi aneka bumbu, seperti keju, gurih pedas, balado, jagung bakar, bumbu kacang, atau kombinasi dari semua rasa tersebut. Makan jajanan aci yang satu ini juga praktis dan bisa sambil jalan. Cimol yang sudah digoreng akan dimasukan ke dalam plastik yang sedikit tebal, kemudian diberi seasoning, dan dilengkapi tusukan bambu. Bumbu kacang, balado, dan keju gurih pedas adalah rasa-rasa favorit pembeli.

www.wannavisitindonesia.blogspot.com

www.wannavisitindonesia.blogspot.com

Di Bandung pedagang cimol sangat mudah ditemui di pinggir jalan, di area sekolah, hingga pusat perbelanjaan. Apabila Anda tertarik untuk mencoba sensasinya, silahkan mengunjungi salah satu cimol yang paling populer di Bandung yaitu cimol Boebat. Cimol Boebat adalah cimol Buah Batu, dimana penjualnya selalu mangkal di trotoar depan foodcourt (bekas McD) Toserba Griya Jalan Buah Batu. Satu porsi cimol Boebat dapat ditebus Rp. 2.500. Penjualnya beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 hingga jualannya habis. Tempat ini mudah dijangkau menggunakan angkot jurusan Ciwastra–Cijerah atau Buah Batu– Kebon Kalapa.

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Hotel Sepuluh Banteng, Daarul Jannah Cottage 1, atau Topas Galeria Hotel. Kuliner menarik lainnya adalah kue cubit, cireng Kamsia, dan Soto Ahri.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • cimol
  • cimol bandung
  • jajanan cimol
  • jajanan bandung
  • singkatan cimol
  • cimol enak di bandung
  • resep jajanan bandung
  • kepanjangan cimol
  • resep cimol bandung
  • cimol buah batu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,