13 geco

Satu lagi makanan khas Kota Bogor yang patut Anda cicipi yaitu Geco. Geco merupakan kependekan dari taoge dan tauco (toge tauco). Makanan ini juga dikenal dengan istilah taoge (atau toge) goreng. Uniknya, nama toge goreng tersebut justru diberikan oleh orang-orang Jakarta yang menggemari makanan berbahan taoge itu.

Geco atau taoge goreng merupakan campuran tauge, mie basah, serta tahu. Kadang-kadang masakan ini juga disajikan dengan ketupat. Sedangkan kuah tauconya terbuat dari tauco, tomat, daun bawang, dan oncom. Bahan tersebut selanjutnya ditambah bumbu bawang merah, bawang putih, cabai,jeruk limau, garam, juga gula. Geco juga dibubuhi kecap saat disajikan.

Secara tradisional, kuah tauco untuk geco dimasak menggunakan kayu bakar sehingga memiliki aroma yang khas. Taoge goreng juga identik dengan daun patat sebagai pembungkusnya. Daun bernama ilmiah Phrynium capitatum tersebut tampak seperti daun pisang tetapi dengan ukuran lebih kecil. Daun tersebut sudah lama dimanfaatkan masyarakat Bogor sebagai pembungkus makanan karena tekturnya yang halus dan elastis.

13 toge goreng-bogor

Geco dipercaya sebagai makanan sehat. Masyarakat Bogor juga percaya bila taoge goreng mampu melawan kanker dan stroke. Hal tersebut bukan mitos semata. Taoge yang menjadi bahan utama masakan taoge goreng tidak hanya kaya vitamin E. Biji yang berkecambah itu juga mengandung antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

Selain sehat, geco alias taoge goreng juga dijual dengan harga yang murah. Satu porsi geco dijual dengan harga antara Rp 6.000 sampai Rp 10.000. Di kota hujan, ada banyak sekali penjual makanan tersebut. Tetapi yang paling terkenal adalah penjaja taoge goreng yang ada di Jalan Surya Kencana (Surken).

Bila ingin menikmati geco di Jalan Surya Kencana, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta, silakan ikuti Jalan Tol Jagorawi. Selanjutnya belok kanan ke Jalan Pajajaran di ujung jalan tol tersebut. Setelah kira-kira 400 meter, belok kanan ke Jalan Otto Iskandardinata. Ikuti jalan itu hingga masuk ke Jalan Ir H Juanda. Terakhir, belok kanan setelah menempuh jarak 21 meter ke Jalan Surya Kencana.

13 toge goreng bogor

Selain geco atau taoge goreng, pastikan juga untuk mencicipi asinan Bogor saat berkunjung ke kota hujan itu. Sebagai oleh-oleh, Anda dapat membeli roti unyil yang terkenal. Bila masih ingin menikmati wisata kuliner, silakan datang ke Pasar Ah poong di BSD City.

Selama berwisata di Bogor, Anda bisa menginap di Santika Hotel, Aston Bogor Hotel and Resort, atau Hotel Salak The Heritage.

Peta Lokasi : Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 1 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • makanan geco
  • toge goreng bogor
  • makanan khas kota bogor
  • resep GeCO
  • kuliner geco di bogor
  • geco bogor
  • Makanan khas bandung toge goreng
  • penjual makanan geco di bandung
  • oleh oleh surabaya
  • nama daun yang ada di toge gorenf

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,