14 doclang

Sedang menikmati wisata kuliner di Bogor? Lengkapi acara icip-icip Anda dengan menyantap doclang Bogor. Makanan tersebut merupakan salah satu kuliner khas di kota hujan.

Pada zaman dahulu, doclang adalah menu untuk makan pagi bagi masyarakat Bogor. Anak-anak selalu menyantap makanan tersebut sebelum berangkat sekolah. Hingga tahun 1960-an, masih banyak dijumpai penjual doclang yang beroperasi pukul 5.30 sampai 7.30. Perlahan, para penjual makanan khas itu mulai langka seiring perubahan masyarakat yang gemar menyantap mie instan untuk sarapan.

Sekilas, mungkin Anda akan menganggap doclang sebagai kupat tahu. Makanan tersebut memang memiliki bahan yang hampir sama dengan panganan yang berasal dari Magelang itu. Meski demikian, doclang Bogor berbeda dengan kupat tahu. Doclang Bogor merupakan campuran tahu goreng, kentang rebus, telur rebus, serta pesor. Pesor adalah lontong nasi yang dibungkus daun patat (Phrynium capitatum).

14 penjual doclang

Bumbu siraman doclang terbuat dari kacang tanah yang digerus kasar, cabai, bawang putih, serta jahe. Agar semakin lezat, ditambahkan pula gula jawa, air asam, dan perasan jeruk limau. Pada saat dihidangkan, doclang dilengkapi dengan taoge, daun selada, kerupuk atau emping, dan kecap manis. Beberapa penjual doclang masih mencoba mempertahankan keaslian rasa dengan menggunakan kecap merk lama produksi Bogor yaitu Kecap cap Zebra.

Meski sudah mulai langka, Anda tetap dapat menikmati doclang Bogor. Makanan khas kota hujan itu dapat dijumpai di kawasan Jembatan Merah, Kampus IPB Darmaga, Jalan Mantarena, atau Jalan Pasir Kuda. Makanan tradisional Bogor tersebut dapat dinikmati dengan harga antara Rp 5.000 sampai Rp 7.500 per porsi.

Bila ingin menikmati doclang Bogor, silakan berkendara ke kota hujan itu. Dari Jakarta arahkan kendaraan Anda ke Jalan Tol Jagorawi. Dengan mengikuti jalan bebas hambatan itu Anda akan sampai Jalan Labuan-Cianjur (Jalan Raya Darmaga). Kompleks Kampus IPB Darmaga yang menjadi tempat ‘mangkal’ penjual doclang ada kanan jalan tersebut.

14 doclang 2

Ingin menikmati makanan khas Bogor lain? Silakan cicipi berbagai jenis asinan Bogor seperti asinan buah, asinan sayur, juga asinan campur. Nikmati pula geco atau taoge goreng yang segar dan sehat. Anda juga bisa mencicipi gurihnya daging empal sapi yang dimasak menjadi gepuk di tempat makan Gepuk Karuhun.

Selama berwisata di Bogor, Anda bisa menginap di Santika Hotel, Aston Bogor Hotel and Resort, atau Hotel Salak The Heritage.

Peta Lokasi : Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 1 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • makanan doclang
  • makanan khas bogor jawa barat
  • doclang jakarta
  • harga doclang bogor perporsi
  • doclang yang enak di bogor
  • doclang pasir kuda bogor
  • bumbu praktis donclang kuah daging
  • kuliner enak labuan cianjur
  • makanan khas bogor doclang
  • nasi dari daun patat

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,