tilulas.com

tilulas.com

Setiap tempat selalu memiliki kuliner khasnya masing-masing, meski seiring dengan berjalannya waktu akan terjadi beragam modifikasi sesuai dengan selera masyarakat. Jika di Kotagede Anda akan dimanjakan dengan legitnya kipo, lain halnya jika Anda berkunjung ke Bandung. Kota kembang ini akan menyambut Anda dengan beragam kuliner enak, salah satunya adalah sebuah kuliner lawas sederhana bernama combro. Kalau nama kipo berasal dari Bahasa Jawa “iki opo”, lain halnya dengan combro yang diambil dari ata “oncom dijero” yang dalam Bahasa Sunda berarti oncom di dalam.

Sekilas penampilan combro sangat identik dengan kroket kentang. Bedanya hanya terletak pada isiannya saja. Jika kroket kentang berisi campuran sayuran dan cincangan daging, combro berisi oncom yang ditumis pedas dengan kulit luar terbuat dari campuran parutan singkong dan kelapa parut yang diberi bumbu bercitarasa asin berupa bawang putih dan garam. Rasa gurih pada kulit combro akan berpadu apik dengan gurih pedasnya tumisan oncom. Meski berasal dari Bandung, kini combro dapat Anda temui di berbagai daerah lain di luar kota kembang. Depok misalnya. Rasa yang ditawarkan pun hampir sama.

dianacakes2000.blogspot.com

dianacakes2000.blogspot.com

Biasanya combro dijual menggunakan gerobak dorong bersamaan dengan beragam gorengan lainnya seperti tempe tepung, tahu kentucky, tahu susur, bakwan dan risol soon. Penjaja gorengan ini dapat ditemui di beragam sudut jalan raya di berbagai kota di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Satu buah combro biasanya dijual Rp 1.000  hingga Rp 1.500 rupiah saja. Salah satu tempat lain yang banyak menjual kuliner ini tidak lain adalah pasar tradisional. Jadi jika Anda sedang berwisata pasar, kemungkinan besar Anda akan menemukan kuliner bercitarasa gurih pedas yang satu ini.

Kuliner berisi oncom yang satu ini umumnya dijual di pagi hari. Biasanya combro akan menjadi teman yang oke untuk menikmati secangkir teh panas di pagi hari. Kuliner lawas ini juga cocok menjadi alternatif sarapan ringan yang enak lidah dan tentunya enak pula di kantong. Apalagi di musim hujan seperti sekarang. Menyantap gorengan yang masih panas seolah menjadi candu bagi banyak penikmatnya. Bagaimana dengan Anda? Tertarikkah untuk  cemal-cemil jajanan tradisional ini lagi? Ayo, nyombro lagi!

Aneka kuliner tempo dulu: roti bluder, roti krenten, gatot

Hotel murah di Dago: Marbella Suites, Beverly, Scarlet Dago Hotel

Peta Bandung: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 03 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • gorengan khas bali
  • jual combro di jogja
  • jual combro di solo
  • kroket combro
  • combro jogja
  • combro di semarang
  • jual combro jogja
  • combro di jogja
  • pasar skitar solo yg jual oncom
  • tempat gorengan enak di bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,