www.theflintstonesbadmintonclub.blogspot.com

www.theflintstonesbadmintonclub.blogspot.com

Jalan Sudirman Bandung tak hanya dirajai dengan pub, bar, maupun diskotek. Wilayah yang kerap dikategorikan sebagai pinggiran Bandung ini juga populer dengan jajanan malam legendarisnya. Martabak, sate, roti bakar, dan tak ketinggalan tentu saja tak ketinggalan Bubur Ayam Pa Otong.

http://agungsmail.files.wordpress.com/

http://agungsmail.files.wordpress.com/

Pa Otong meneruskan usaha bubur yang dimulai oleh ayahnya pada tahun 1947. Mempertahankan warisan sang ayah terus dilakukannya hingga saat ini, dari mulai resep hingga tempat berjualan. Ia menjajakan buburnya dalam sebuah gerobak yang biasa mangkal di Jalan Jendral Sudirman, bersebelahan dengan Pasar Andir. Pasar ini terkenal sebagai salah satu pasar Bandung dengan penataan buruk karena kerap tumpah ruah ke jalan sehingga menghambat arus lalu lintas. Bahkan malam hari ketika Bubur Ayam Pa Otong mulai beroperasi, beberapa penjual sayur terlihat berjualan. Meski begitu pelanggan setianya terus datang silih berganti. Menikmati bubur di malam hari tak kalah nikmat dengan sarapan, bahkan warga Bandung cenderung mencari menu satu ini kala langit mulai gelap. Bubur hangat terasa pas dengan udara malam kota Bandung yang cenderung dingin dan berangin. Selain itu juga membuat perut tidak terlalu bekerja keras untuk mencernanya.

www.archive.kaskus.co.id

www.archive.kaskus.co.id

Bubur ayam Pa Otong memang berbeda dengan ikon-ikon bubur Bandung lain. Racikannya cenderung mirip dengan bubur Tionghoa, tidak kental tapi juga tidak terlalu encer. Selain itu bubur ini sengaja disajikan dengan cita rasa asin nan gurih, tanpa kerupuk, dan tanpa kecap manis. Bahkan di meja makannya pun hanya tersedia sambal dan kecap asin. Topingnya sudah pasti melimpah ruah, suwiran daging ayamnya besar-besar dan banyak, kemudian ada potongan cakue, dan ati ampela. Tanpa porsi yang berlebihan, bubur ini pas di perut, dan rasa gurihnya betul-betul bikin ketagihan. Sangat cocok sebagai kuliner malam kota Bandung.

Waktu berjualan Pa Otong adalah pukul 18.00 – 01.00. Anak muda Bandung yang hobi bikin istilah, menyebut bubur ayam ini sebagai “bubur setan” atau “bubur bondon” karena hanya dapat ditemui pada malam hari. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk seporsi bubur ayam Pa Otong. Bubur ayam biasa dapat ditebus dengan uang Rp. 9.000, sedangkan untuk bubur ayam special dibanderol Rp. 12.000. Tempat ini dapat dicapai menggunakan angkot rute Cikudapateuh – Ciroyom (warna kuning, strip putih).

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Banana Inn Hotel & Spa, Arion-Swiss Belhotel, atau Sukajadi Hotel. Kuliner lezat lainnya adalah Sate DJ, Ayam Taliwang Bersaudara, Rumah Makan Ibu Imas, dan Sate Padang Pak Datuk.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Oktober 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • otong
  • bubur ayam otong
  • bubur otong
  • Bubur Ayam Pa\ Otong Kota Bandung Jawa Barat
  • bubur ayam otong bandung
  • dj ayam pak
  • resep bubur otong
  • bubur ayam pak otong
  • bubur malam bandung
  • bubur ayam pa otong

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,