dari jajanankhasmadiun.blogspot.com

dari jajanankhasmadiun.blogspot.com

Anda pasti sudah sering melihat brem. Tak hanya yang dijual di Bali, brem sudah tersebar di seantero Indonesia dijual sebagai oleh-oleh khas lokasi pariwisata. Di Bali, brem yang dijual tidak hanya berbentuk kotak-kotak persegi. Melainkan ada brem yang dijual cair, brem ini dikemas dalam botol-botol. Kita intip sebentar proses pengolahannya yuk sebelum membeli!

Brem cair dibuat melalui proses fermentasi. Zat pati yang terdapat dalam bahan baku akan dihidrolisis menjadi glukosa oleh enzim amilase yang terdapat dalam ragi tape. Proses tersebut akan mengalami perubahan menjadi alkohol. Tape ketan yang sedang dalam proses menjadi brem cair tersebut diwadahi dalam sebuah wadah yang sudah dirancang khusus, sehingga air tape dapat menetes dan ditampung dalam sebuah wadah.

Untuk mengumpulkan air hasil fermentasi dibutuhkan waktu selama 2 hingga 4 hari. Ampas tape yang tersisa nantinya akan menjadi bahan baku pembuatan makanan ringan.

dari theyanirma.tumblr.com

dari theyanirma.tumblr.com

Setelah cairan hasil fermentasi dikumpulkan, cairan tersebut masih harus didiamkan selama tujuh bulan, dalam kurun waktu tersebut, akan terlihat padatan yang mengendap di dasar wadah. Wadah yang digunakan sebaiknya terbuat dari bahan yang tembus pandang sehingga dapat dilihat hasilnya. Dari proses inilah, brem yang jernih sudah dihasilkan. Cairan brem yang jernih itulah yang diambil kemudian dituang ke dalam botol-botol. Setelah dikemas, brem cair siap dipasarkan.

Oh iya, ada sedikit informasi mengenai kandungan alkohol dalam brem cair. Menurut data penelitian, brem cair ini aman dikonsumsi asal tidak berlebihan. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kadar hormon dan dapat membantu kerja arteri darah. Alkohol dalam jumlah tertentu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun begitu, ada resiko yang cukup fatal bila Anda mengkonsumsi brem ini secara berlebihan, yakni dapat menimbulkan serangan jantung, kanker, dan kematian. Jika kandungan alkohol dalam darah melebihi 5 persen, Anda akan merasa tidak enak dan secara bertahap dapat mengganggu tingkat emosi Anda. Bahkan dapat memicu kanker, sirosis hati, dan lain-lain.

Sebagai informasi, brem cair Bali ini dulunya merupakan bagian dari upacara adat. Salah satu upacara yang menggunakan brem cair ialah dalam upacara penyambutan tamu sehingga mendapat julukan minuman ucapan selamat datang. Saat ini, brem cair Bali menjadi salah satu andalan pariwisata Bali, utamanya di kompleks Sanur, sebab di sana menjadi pusat industri brem cair di Bali yang bernama Sila Sayana. Wisatawan asing juga banyak yang berkumpul di wilayah tersebut dan mereka merupakan konsumen utama brem cair ini.

dari www.arakbalipendawa.com

dari www.arakbalipendawa.com

Brem cair produksi kawasan Sanur ini sudah melalui uji laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Udayana dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan setempat untuk melihat kadar alkoholnya. Setelah melalui uji pengawasan, brem cair asal Bali ini pun sukses menjangkau pasar karena sudah dinyatakan aman dikonsumsi oleh kedua badan pengawas tersebut.

Brem cair asal Bali banyak diminati wisatawan, baik dalam maupun mancanegara. Turis-turis yang berminat terhadap brem cair Bali kebanyakan dari Jepang, Belanda, Tiongkok, dan beberapa negara Eropa lainnya. Bahkan brem Bali tersebut juga sudah diekspor ke negara-negara tersebut.

Apabila Anda ingin membeli langsung brem cair Bali ke pusat produksinya di Sila Sayana, tempat tersebut berada di Jl. By Pass Ngurah Rai, Sanur, Bali. Jarak tempat tersebut dengan bandara internasional Ngurah Rai, hanya kurang lebih 11 km. Anda bisa mencapainya dalam waktu 15 menit. Selain brem cair, ada pula brem yang berbentuk kotak dijual di setiap objek wisata. Brem kotak tersaji dalam berbagai varian rasa, ada strawberry, durian, melon, dan jeruk. Selamat belanja!

Nikmati sajian kuliner lainnya di Bali, seperti sate lilit, atau nikmati kuliner lezat di Pirates bay, Betelnut Cafe yang menyajikan menu raw food, dan minum teh di Biku Cafe.

Untuk menginap di Bali, Anda bisa mencoba Inna Sindhu Beach Hotel, Resort & Meeting, Astana Pengembak Suite Apartment & Villa, atau Sativa Sanur Cottages Hotel

Lokasi Sila Sayana

Lihat peta

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • Brem bali
  • brem cair
  • harga brem bali
  • brem cair bali
  • harga minuman brem bali
  • minuman brem bali
  • minuman brem
  • tempat beli brem bali
  • harga brem cair bali
  • brem bali adalah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , ,