Ayo ngangkring, dab!!!

Mungkin kata ini masih aneh di telinga Anda, terutama jika Anda bukan orang Jogja. Ngangkring berasal dari kata angkringan. Orang Jogja biasa menggunakan istilah ngangkring untuk menggambarkan makan atau minum di angkringan.

Ya, ngankring sudah menjadi hal yang lumrah di Yogyakarta. Bahkan, banyak pelancong yang datang ke Yogyakarta tidak ingin melewatkan harinya di Kota Gudeg ini tanpa mampir di angkringan, sebuah tempat yang selalu dianggap sebakai tempat untuk makan orang kecil. Tapi di Yogyakrta, angkringan adalah sebuah tempat yang bisa meleburkan derajat  dan  pangkat. Di angkringan semua sama dan menjadi satu, saling menjaga perasaan dan bertoleransi  sehingga tercipta suasana yang menenangkan dan damai. Itulah alasan mengapa angkringan merupakan salah satu tempat yang selalu berkesan bagi pengunjungnya. Tidak terbayangkan, sebuat tempat yang jauh dari kemewahan dapat memberikan kedamaian saat berkunjung ke sana.

 

Salah satu angkringan yang paling berkesan di Yogyakarta adalah angkringan tugu. Angkringan tugu berada di sebelah utara stasiun Tugu, tepatnya berada di Jl. Wongsodirjan. Angkringan Tugu ini sudah berusia lebih dari 60 tahun. Satu angkringan yang menjadi legenda adalah angkringan Lik Man. Dahulu, Sri Sultan Hamengku Bowono IX, sebelum   bertolak ke Jakarta untuk bertugas sebagai Wakil Presiden kala itu, konon mengadakan perpisahannya di angkringan tugu ini. Dan hal itu tercatat dalam catatan sejarah Kraton Kasultanan Yogyakarta. Angkringan juga sering disebut kucingan. Ini karena ciri khasnya yaitu sego kucing. Nasi dalam porsi kecil yang dibungkus dengan daun pisang atau sekarang banyak dibungkus dengan kertas nasi dan koran, yang diberi lauk sambal teri atau sejumput mie atau oseng-oseng tempe. Sebagai teman nasi disediakan aneka gorengan, sate telur, sate ati ampela, sate usus, ceker dan kepala ayam, bacem tempe dan tahu, dan krupuk. Ada pula jadah yang siap dibakar ketika akan disantap.

Untuk minuman, yang menjadi hidangan istimewanya adalah kopi joss, yaitu kopi tubruk yang diberi bara arang kedalamnya. Anda tidak perlu merasa khawatir kopi ini berbahaya bagi tubuh Anda, karena  konon kopi joss ini justru memiliki banyak kelebihan. Dengan dimasukkannya bara arang ke dalam kopi, kadar kafein kopi akan berkurang, dan juga bara arang itu akan mengikat polutan dan racun, serta memperbaiki aroma kopi itu sendiri.

Teh di angkringan Tugu juga tidak kalah istimewa. Teh ndeso yang nasgitel (panas, legi, kentel) disajikan dalam cangkir dengan tatakan dan tutupnya yang bergaya jaman dulu menyuguhkan suasana Jogja yang kalem.

Salah satu alasan banyaknya pengunjung angkringan adalah harganya yang benar-benar merakyat. Untuk satu porsi nasi kucing, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp1.000,-. Sedangkan untuk makanan pendampingnya berkisar anatara Rp500,- sampai Rp5.000,-. Dan untuk minuman harganya berkisar Rp1.500,- sampai Rp4.000,-

Lokasi angkringan Tugu ini sangat strategis, karena dekat dengan stasiun kereta api terbesar Jogja dan juga Malioboro. Jika Anda sedang berada di sekitar Malioboro, luangkanlah waktu Anda untuk menikmati segelas kopi joss, sebungkus nasi kucing dan suasana yang akan Anda rindukan.

How to get there:

Dari Malioboro Anda dapat menggunakan berjalan kaki, naik becak ataupun andong.

Hotel terdekat adalah Whiz Hotel, Inna Garuda Hotel, dan hotel-hotel di sekitar Malioboro.

Anda juga dapat menikmati angkringan lain seperti angkringan KR, angkringan Code, dan angkringan Sleman.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • KOPI JOSS yogyakarta
  • angkringan jogja
  • angkringan tugu
  • nasi kucing
  • sego kucing
  • kopi jos
  • #########################
  • kopi joss
  • sejarah angkringan
  • angkringan tugu jogja

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,