www.makankalap.wordpress.com

www.makankalap.wordpress.com

Kuliner di Bandung tak hanya sebatas café ataupun restoran, banyak penjaja kaki lima yang juga layak untuk dihampiri. Di sekitar Pasar Astana Anyar, terdapat penjual bistik kaki lima yang menjadi favorit warga lokal. Namanya AA Bistik, meski tanpa plang nama namun mudah dikenali dari kerumunan orang yang mengantre.

www.tarisoedardjo.blogspot.com

www.tarisoedardjo.blogspot.com

Astana Anyar memang sedikit melipir dari gemerlap pusat kota Bandung, tapi di sana juga terdapat makanan murah dan enak yang menjadi kesukaan warga lokal. AA Bistik atau yang lebih dikenal dengan nama Nasi Bistik Astana Anyar ini sudah sejak lama mangkal di kawasan yang terkenal akan pasar tradisional dan pusat barang bekasnya itu. Tempatnya tidaklah komersil atau berada dalam bangunan, ia hanya berupa gerobak dengan rangkaian kompor sederhana dan beberapa bangku plastik. Tanpa plang nama, kita hanya harus jeli melihat antrian orang di sekitar gerobak kaki lima berlampu petromak yang berada tak jauh dari Rumah Sakit Bersalin Pajagalan. Menu yang ditawarkan beragam, seperti fuyunghai, mie goreng kwetiau goreng, cah jamur, cap cay goreng, dan ayam kuluyuk. Namun tentu saja yang menjadi primadona utamanya adalah nasi bistik dan nasi goreng bistik.

Nasinya hanya memiliki perbedaan nasi putih dan nasi goreng. Rasa nasi gorengnya tidak begitu istimewa tapi cukup enak. Lauk bistiknya lah yang membuat dua nasi sederhana tersebut bertambah nikmat. Bistik tersebut terbuat dari daging ayam fillet yang sudah diberi bumbu kemudian dilumuri telur, tepung, dan digoreng garing. Rasanya mirip dengan ayam crispy restoran cepat saji. Keistimewaannya terletak pada sausnya yang manis. Rasa asin dan gurih dari

www.tarisoedardjo.blogspot.com

www.tarisoedardjo.blogspot.com

kecap inggris dalam saus cukup terasa tapi tidak mendominasi. Kelengkapan lain yang menemani bistik ayam tersebut adalah kentang goreng yang diiris tipis dan buncis yang well-cooked sehingga masih meninggalkan efek renyah. Akan lebih enak jika sausnya tidak langsung diguyur di atas nasi, sehingga bisa dicocol-cocol.

Meskipun harus antre dan tempat makannya pinggir jalan, tapi kuliner malam di kota Bandung ini layak untuk dicoba. Satu porsi nasi bistik bisa ditebus seharga Rp. 16.000, sedangkan untuk nasi goreng bistik dibanderol Rp. 18.000. AA Bistik berjualan setiap hari mulai pukul 17.00 – 00.00. Tempat ini dilalui oleh angkut dengan rute Abdul Muis (Kebon Kalapa) – Elang (warna hijau, strip oranye), Karang Setra – Kebon Kalapa (warna kuning, hijau), Ciroyom – Cikudapateuh (warna kuning, nomor trayek 23), atau Cisitu – Tegalega (warna ungu).

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Sensa Hotel Bandung, Hyatt Regency Hotel, atau Harris Hotel&Convention Festival CTLink. Tempat menarik lainnya adalah Rumah Makan Cibiuk, Ketupat Sayur Uda Pero, dan Es Durian Pak Aip.

Lokasi AA Bistik

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • nasi bistik
  • aa bistik
  • nasi bistik bandung
  • nasi bistik astana anyar
  • nasi goreng bistik
  • Aa bistik bandung
  • nasi goreng bistik astana anyar bandung
  • nasi goreng bistik astana anyar
  • nasi bistik aa bandung
  • nasi bistik ayam

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,